Jumat, 22 Mei 2015

Pengertian Virus

            Menurut Subardi, dkk (2009) AIDS adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Dalam dua dasawarsa terakhir ini, penyakit ini termasuk yang paling menakutkan. Anehnya orang yang terkena virus AIDS tidak akan mengalami gejala sampai 10 tahun. Namun, para pecandu narkoba jika terkena penyakit AIDS akan mengalami kemunduran daya tahan tubuh dengan sangat cepat.
Virus merupakan penyebab beberapa penyakit pada manusia, hewan maupun tumbuhan.Menurut keadaan fisiknya benda dibedakan menjadi duamacam yaitu benda mati (abiotik) dan benda hidup (biotik). Biotikdapat melakukan metabolisme di antaranya nutrisi, sintesis,ekskresi, reproduksi, regulasi, respon terhadap rangsang. Adapunabiotik tidak dapat melakukan metabolisme.Virus oleh para ilmuwan dikatakan sebagai benda mati, jikavirus tersebut di luar sel hidup. Namun, jika virus mendapatkantempat pada sel hidup/organisme, virus akan menunjukkan aktivitaslayaknya sel hidup, yaitu mampu bereproduksi sehingga dapatbertambah banyak. Dengan demikian virus dapat dikategorikansebagai bentuk peralihan antara benda mati dengan makhluk hidup.
Aktivitas manusia yang berlebihan dan diiringi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih telah banyak menimbulkan dampak bagi kehidupan. Dampak tersebut antara lain adalah timbulnya berbagai polusi akibat kegiatan  yang menghasilkan sampah, terlebih lagi bila sampah-sampah tersebut tidak di daur ulang. Akibatnya timbullah masalah tersendiri di bidang kesehatan, yaitu banyaknya jenis penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme yang hidup pada sampah (Widayati, S. 2009).
Berbagai penyakit juga disebabkan oleh aktivitas virus. Umumnya penyakit akibat virus ini lebih susah untuk diatasi. Oleh karena itu, perhatian manusia terhadap virus semakin besar setelah ditemukannya berbagai penyakit yang aneh dan belum pernah ditemukan sebelumnya (Widayati, S. 2009).
Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam hal ini menyusun makalah tentang“Virus-CiriCiri Virus”, serta mengkritisi tema tersebut dengan buku lain yang menjadi referensi yang benar.

Pengertian Virus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar