Rabu, 13 Mei 2015

Klasifikasi Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah ikan yang sering dijumpai di Indonesi. Ikan bandeng ini termasuk ikan yang sering dibudidayakan oleh orang Indonesia. Bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae (bersama enam genus tambahan dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris milkfish). Ikan Bandeng ini memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut :
  • Kingdom : Animalia
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Gonorynchiformes
  • Famili : Chanidae
  • Genus : Chanos
  • Spesies : Chanos chanos

Penyebaran Ikan Bandeng
Daerah penyebaran ikan Bandeng yaitu di laut tropik Indo Pasifik dan dominan didaerah Asia. Di Asia Tenggara ikan bandeng berada didaerah perairan pantai Burma, Thailand, Vietnam, Philipina, Malalysia dan Indonesia. Secara umum penyebaran ikan bandeng tercatat berada di sebagian besar laut Hindia dan laut Pasifik kira-kira dari 40 BT-100 BB dan antara 40 LU - 40 LS. Penyebarannya sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti phase bulan ,pasang surut,arus air dan kelimpahan plankton

Habitat Ikan Bandeng
Ikan bandeng hidup diperairan pantai, muara sungai,hamparan hutan bakau, lagoon, daerah genangan pasang surut dan sungai. Ikan bandeng dewasa biasanya berada diperairan littoral. Pada musim pemijaham induk ikan bandeng sering dijumpai berkelompok pada jarak tidak terlalu jauh dari pantai dengan karakteristik habitat perairan jernih, dasar perairan berpasir dan berkarang dengan kedalaman antara 10-30 m Kematangan kelamin

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah ruah. Salah satu kekayaan yang ada di Indonesia terletak di laut, dimana didalam laut dapat dijumpai banyaknya makhluk hidup dari jenis plankton sampai berbagai jenis ikan. Laut merupakan habitat yang banyak dihuni oleh beberapa macam ikan. Salah satunya adalah ikan bandeng. Ikan bandeng juga dapat hidup di air tawar maupun air payau. Ikan bandeng merupakan ikan yang memiliki tubuh langsing dengan sirip ekornya bercabang sehingga mampu berenang dengan cepat. Warna tubuhnya putih keperak-perakan.  mulut tidak bergerigi sehingga menyukai makanan ganggang biru yang tumbuh di dasar perairan (herbivora). Penjelasan mengenai klasifikasi, deskripsi, ciri morfologi, habitat, cara makan, reproduksi, penyebaran, serta manfaat dari ikan bandeng akan dibahas secara detail didalam makalah ini.

Ikan bandeng ini mempunyai ciri-ciri morfologi bentuk tubuh langsing mirip terpedo, dengan moncong agak runcing, ekor bercabang dan sisiknya halus. Warnanya putih gemerlapan seperti perak pada tubuh bagian bawah dan agak gelap pada punggungnya (Mudjiman, 1998). Tubuh ikan bandeng memanjang agak gepeng, mata tertutup lapisan lemak (adipase eyelid), pangkal sirip punggung dan dubur tertutup sisik, tipe sisik cycloid lunak, warna hitam kehijauan dan keperakan bagian sisi, terdapat sisik tambahan yang besar pada sirip dada dan sirip perut. Bandeng jantan memiliki ciri-ciri warna sisik tubuh cerah dan mengkilap keperakan serta memiliki dua lubang kecil di bagian anus yang tampak jelas pada jantan dewasa (Hadie, 2000).

Klasifikasi Ikan Bandeng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar