Senin, 25 Mei 2015

Peranan Bakteri Bagi Kehidupan

Selain merugikan manusia, hewan, dan tumbuhan bakteri juga banyak menguntunngkan bagi kehidupan. Berbagai bakteri yang menguntungkan antara lain:
  1. Bacillus thuringensis, sebagai agensia pengendali hayati bagi tanaman kobis, kapas, jagus, tembakau, dan pemberantasan nyamuk vektor penyakit malaria dan demam berdarah.
  2. Agrobacterium tumefaciens untuk pembuatan tanaman transgenik, baik untuk tujuan resistensi terhadap hama dan penyakit, daya simpan produk, maupun untuk peningkatan nutrisi.
  3. Rhizobium leguminosarum, hidup pada bintil-bintil akar tanaman Leguminoceae dan mampu mengikat nitrogen bebas dari udara, sehingga dapat menyuburkan tanaman. Jenis lain yang mampu memfiksasi nitrogen adalah Azotobacter.
  4. Bakteri Nitrosococcus, Nitrosomonas, dan Nitrobacter berperan dalam menyuburkan tanaman.
  5. Lactobaciilus bulgaricus untuk membuat yoghurt.
  6. Acetobacter xylinum untuk membuat nata de coco dari air kelapa.
  7. Bacillus brevis untuk menghasilkan antibiotic tirotrisin, Bacillus polymyxa menghasilkan polimiksin, Bacillus substilis menghasilkan basitrasin.
  8. Methanobacterim berperan dalam pembuatan bio gas sebagai bahan bakar.
Pemahaman Reproduksi Bakteri 
Menurut Subardi, dkk. 2009 cara reproduksi bakteri Transduksi tidak melalui kontak langsung dua bakteri, tetapi diperlukan adanya materi sebagai perantara yaitu virus yang hidup pada inang bakteri. Sedangkan  menurutAnshori, dkk. 2009 cara reproduksi Transduksi terbagi atas dua bentuk yaitu transduksi umum istilahuntuk menjelaskan daur litik dan transduksi khusus untuk istilah dalam penjelasan daur lisogenik. 

Dalam penjelasan menurut Teresa Thiel. 1999 The mathematics of bacterial growth is fairly simple, since each original cell divides to form two new cells, with the loss of the original parent. Since one cell becomes two and as each of those cells divides they become four and then eight, etc, the mathematical series describing growth is: 1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, … this can be written as 20, 21, 22, 23, 24,….(menurut ilmu pasti, pertumbuhan bakteri sangat sederhana, saat setiap cell yang asli membelah menjadi dua sel yang baru, dengan kehilangan induk aslinya. Saat satu sel akan menjadi dua dan setiap sel tersebut membelah mereka(sel)  menjadi empatdan selanjutnya delapan, dan seterusnya, rentetan pendiskripsian pertumbuhandalam ilmu pasti adalah : 1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, … dapat juga di tulis seperti ini 20, 21, 22, 23, 24,….)

Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar