Selasa, 26 Mei 2015

Pengertian Hewan Marsupialia dan Contohnya

Hewan Marsupialia adalah hewan berkantung. Mamalia yang memilki kandungan ganda, melahirkan anak yang perkembangannya masih sangat kurang lengkap dan juga ukurannya sangat kecil serta masih lama menempel pada puting induknya. Marsupialia, baik yang sekarang masih hidup maupun yang sudah menjadi fosil, tergolong infrakelas Metatheria yang bersama dengan Eutheria (mamalia sejati). Infra kelas mamalia yang masih hidup dan yang masih tersisa adalah Prototheria hanya mencangkup monotremata (hewan kloaka) atau mamalia (hewan menyusui) yang bertelur (platypus). Marsupialia merupakan satu-satunya ordo Metatheria dan karena itu disebut juga Didelphia, suatu nama yang ada dengan kandungan ganda. Pada semua marsupialia saluran urine (ureter) yang berjalan dari ginjal ke kantung urine, membagi alat-alat kelamin yang sedang berkembang sehingga pada betina dewasa baik kandungan maupun vagina (penyalur pengangkatan spermatozoa yang akan membuahi), merupakan struktur ganda [1].

Pada marsupialia jantan , kedua penyalur sperma yang akan menghantarkan spermatozoa dari testis ke alat kopulasi (penis), terletak di luar saluran urine sedangkan pada mamalia sejati (theria) terletak diantara saluran-saluran urine. Ciri-ciri organ untuk berkembang biak merupakan satu-satunya cara pasti untuk membedakan antara marsupialia dan mamalia sejati. Sebelum perbedaan ini diketahui beberapa diantara marsupialia yang dewasa ini masih hidup digolongkan mamalia sejati. Kantung yang telah memberi nama kepada hewan berkantung, sebenarnya bukan merupakan ciri mutlak, bahkan bukan suatu ciri umum kelompok ini. Kantung ini misalnya sama sekali tidak ada pada marsupialia primitif. Beberapa fosil yang kini dianggap mamalia yang dinaggap suatu infra kelas yang diragukan, mungkin juga merupakan marsupialia tetapi oleh karena fosil yang tersimpan dan masih utuh organ-organnya untuk berkembang baik mungkin tidak dapat ditemukan hingga harus menggunakan ciri-ciri anatomis lain.

Contoh Hewan Marsupialia
Salah satu contoh dari hewan ini adalah kanguru (Macropus rufus). Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru. Kanguru memiliki kebiasaan tidur pada siang hari dengan udara yang panas dan berkembang biak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman  baru. Tidak semua kanguru memiliki kantung, hanya kangguru betinalah yang memiliki kantung. Kekhasan genetik lah yang membuat Kanguru memeiliki perbedaan fisik dengan hewan lainnya, dimana kanguru betina akan kemiliki kantung di perutnya, dan biasa digunakan untuk menggendong anaknya.

Anak kanguru akan selalu memiliki naluri untyuk berlindung di dalam kantung induknya, terutama di masa ia masih kecil, Selain itu anak kanguru yang masih kecil juga meminum ASI yang bisa diperolehnya dari dalam kantung tersebut. Kangguru mempunyai kepala yang kecil, berbulu, dan bermoncong. Mereka bias menggerakan kupingnya dari depan ke belakang mengikuti suara.kemampuan ini sangat menolong mereka dari bahaya, terutama pemangsa. Kaki belakang kangguru ukuranya lebih besar dari kaki depan. Kaki ini digunakan untuk melompat dan menyelamatkan diri dari musuh. Adapun kaki depanya digunakan untuk menarik daun atau menggali tanah saat mencari air. Ekor kangguru kuat dan berotot. Ekor ini berfungsi sebagai penopang keseimbangan kangguru saat berdiri. Demikianlah Pengertian Hewan Marsupialia dan Contohnya semoga bermanfaat.

Referensi

[1] Wasiwa.2014. Ordo Marsupialia (Klas Mamalia). http://www.wasiwa.com/2014/01/ordo-marsupialia-klas-mamalia.html. Diakses Pada Tanggal 26 Mei 2015

Pengertian Hewan Marsupialia dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar