Minggu, 24 Juli 2016

14 Perbedaan Samsung Note 7 VS Note 5

Samsung Note 7 dan Samsung Note 5 merupakan smartphone generasi series NOTE yang diperuntukkan untuk menyasar kalangan atas. Smartphone ini diklaim memiliki cukup banyak penggemar meskipun desainnya tidak jauh berbeda dengan series Samsung lainnya. Kesuksesan series NOTE ini patut untuk dipertimbangkan sebelum membeli agar sesuai dengan kebutuhan.



Banyak yang mengatakan bahwa perbandingan Samsung Note 7 dan Note 5 tidak berbeda jauh. Beberapa orang bahkan mengklaim hanya ukuran dan tipis saja yang membedakan kedua smartphone tersebut sehingga menyebabkan harga kedua perangkat itu juga berbeda.


Adanya berbagai pendapat memicu kemunculan pro dan kontra tersebutlah yang membuat penasaran banyak orang khususnya konsumen penggemar setia Samsung yang ingin mengetahui rincian jelas mengenai perbedaan dari kedua smartphone tersebut. Baca postingan sebelumnya [Samsung Malu] Redmi Note 3 VS Galaxy Note 5

Sebagai konsumen yang cerdas, kita harus mengetahui jelas perbedaan Samsung Note 7 dan Samsung Note 5 sehingga tidak salah beli yang menyebabkan kita menyesal nantinya. Lalu bagaimanakah cara membedakan Samsung Note 7 dan Samsung Note 5? Berikut ini Bedakan Smartphone mengulas 14 Perbedaan Samsung Note 7 VS Note 5 sehingga mempermudah sobat untuk menentukan pilihan di antara kedua smartphone tersebut.


1. Kamera Utama
Perbedaan antara Samsung Galaxy Note 7 VS Samsung Galaxy Note 5 dapat dilihat dari kualitas kamera utama. Jika Samsung Note 5 memiliki kamera pada bagian belakang berlensa 16 mega pixel dengan kemampuan f/1.9, 28mm, OIS, autofocus, LED flash, dan ditambah dengan fitur yang melimpah seperti 1/2.6" sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR serta kemampuan merekam video yang beragam yakni 2160p@30fps, 1080p@60fps, dual-video rec. Ketika digunakan untuk melakukan foto dan video sangat bagus.

Sementara Samsung Note 7 memiliki kamera pada bagian belakang berlensa 12 mega pixel. Meskipun mengalami penurunan pixel lensa kamera, namun kwalitas kameranya juh lebih baik ketimbang Note 5. Terbukti Note 7 disupport dengan kemampuan f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash, dan ditambah dengan fitur yang lebih banyak seperti 1/2.6" sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and, 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama serta mampu merekam video yang beragam pula yakni 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@240fps, HDR, dual-video rec.


2. Kamera Depan
Untuk menyasar pengguna selfie Samsung Galaxy Note 5 dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel ditambah dengan dukungan f/1.9, 22mm, Auto HDR, dan kemampuan merekam 1440p@30fps, dual video call. Sehingga cukup nyaman digunakan saat selfie.

Sedangkan pada Samsung Galaxy Note 7 juga dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel namun memiliki dukungan yang lebih rendah seperti f/1.7, 22mm, dual video call, Auto HDR, dan kemampuan merekam hingga 1080p@30fps. Hal ini membuat pengguna selfie juga cukup senang.


3. Kapasitas RAM
Hal lain yang dapat dijadikan perbandingan Samsung Note 7 dan Samsung Note 5 adalah melalui kapasitas RAM. Samsung Note 5 memakai RAM 4 GB sehingga di rasa cukup untuk melakukanaktivitas multitasking dan menjalankan aplikasi berat lainnya. Sementara Samsung Note 7 memakai RAM 6 GB. Kapasitas RAM yang lebih besar tersebut memungkinkan smartphone ini lebih leluasa menjalankan berbagai aplikasi.

Apabila smartphone Samsung Galaxy Note 5 dan Note 7 yang sobat miliki kapasitas RAM-nya tidak demikian maka sobat patut curiga. Biasanya jika produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang kecil yakni 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 1 GB saja.


4. Memori Internal
Samsung Note 7 VS Samsung Note 5 berikutnya dapat dilihat juga melalui kapasitas memori internalnya. Samsung Note 5 memakai tiga versi internal yakni 32/64/128 GB dan Samsung Note 7 juga memakai tiga versi internal namun kapasitas yang lebih besar yakni 64/128/256 GB. Apabila smartphone Samsung Galaxy Note7 dan Note5 sobat ukuran internal tidak demikian maka hati-hati. Biasanya smartphone tiruan menggunakan memori internal paling besar itu 8 GB.

5. Versi OS Android
Samsung Note 5 memakai Android v5.1.1 (Lollipop) dan Samsung Note 7 menggunakan Android Android v7.0 (Nougat). Udah tahu kan versi android mana yang lebih baik? Hati-hati dengan produk Samsung palsu, biasanya yang sering digunakan pada produk Samsung Galaxy Note 7 dan Note 5 tiruan adalah versi Android yang sudah lama meluncur seperti Jelly Bean atau Honeycom.

6. Kerapatan Pixel
Samsung Galaxy Note 5 yang menggunakan layar 5.7 inchi memiliki kerapatan pixel hingga ~518 pixel. Sedangkan Samsung Note 7 menggunakan ukuran layar yang sama justru mengalami penurunan menjadi ~515 pixel. Artinya, kejernihan layar pada Note 5 lebih baik.

7. Hardware
Fungsi Chipset adalah untuk mengatur kecepatan aliran data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU berfungsi sebagai menjalankan grafis & aplikasi berat lainnya. Perbedaan Samsung Note 5 dan Samsung Note 7 dapat dilihat juga dari hardware berikut ini.

Samsung Note 5
  • Chipset: Exynos 7420 Octa
  • CPU: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57
  • GPU: Mali-T760MP8

Samsung Note 7
  • Chipset: Exynos 8893
  • CPU: Quad-core 2.6 GHz + quad-core 1.6 GHz
  • GPU: Adreno 530

Artinya hardware milik Samsung Note 7 lebih unggul ketimbang milik Samsung Note 5. Hal ini di anggap wajar mengingat smartphone terbaru Note 7 ini adalah generasi anyar yang memiliki desain dan spesifikasi lebih bagus. Apabila hardware seperti Chipset, CPU dan GPU tidak sama dengan di atas, itu pasti Samsung Galaxy Note 7 dan Note 5 supercopy atau palsu.

8. Fitur Jaringan
Samsung Galaxy Note 7 dan Note 5 support berbagai jaringan dari 2G hingga 4G dan mendukung Wifi serta bisa digunakan sebagai Hotspot. Bedanya, kecepatan jaringan 4G pada Samsung Note 7 lebih unggul ketimbang Samsung Note 5.

9. Fitur Sensor
Samsung Galaxy Note 5 hanya memiliki sensor seperti Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2. Sedangkan pada Samsung Galaxy Note 7 jumlah sensor lebih banyak yakni Iris scanner, fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2.

10. Konektivitas
Untuk melakukan transfer file dengan cepat, Samsung Galaxy Note 5 menggunakan USB microUSB v2.0, USB Host. Sedangkan Samsung Galaxy Note 7 memakai USB v3.1, Type-C 1.0 reversible connector. Artinya Samsung Note 7 mengalami peningkatan sehingga lebih baik.

11. Daya Baterai
Samsung Galaxy Note 5 yang menggunakan layar 5.7 inchi dibenamkan baterai berdaya Li-Li-Po 3000 mAh yang tidak bisa dilepas. Sementara Samsung Galaxy Note 7 yang juga memakai layar yang sama mengusung daya baterai Li-Po 4000 mAh yang juga tidak bisa dilepas. Sudah bisa menebak bukan yang mana yang lebih unggul?

12. Berat Smartphone
Samsung Galaxy Note 5 memiliki berat hanya 171 gram. Sedangkan Samsung Galaxy Note 7 yang menggunakan baterai yang lebih besar juga mengalami penambahan bobot tentunya.

13. Fast Charging
Meskipun keduanya sama-sama menggunakan wireless charging, namun Samsung Galaxy Note 5 tidak didukung fast charging. Sedangkan Samsung Galaxy Note 7 memiliki support fast charging sehingga lebih cepat dalam hal pengisian daya.

14. Pilihan Warna
Samsung Galaxy Note 5 memiliki pilihan warna casing seperti Black Sapphire, Gold Platinum, Silver Titan, White Pearl. Sedangkan Samsung Galaxy Note 7 memiliki pilihan warna perpaduan meliputi Onyx, silver titanium, blue coral.

Kesimpulan
Semua perbedaan antara Samsung Note 7 dan Samsung Note 5 yang disebutkan di atas adalah berdasarkan pada software dan hardware. Berdasarkan data-data di atas jelas pemenangnya bersifat subjektif karena masing-masing kedua smartphone tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Perbedaan secara fisik belumlah di bahas mengingat penulis harus membandingkan kedua smartphone secara nyata dan disertai dengan bukti berupa gambar hasil pengamatan. Apabila sobat memiliki bukti gambar perbandingan secara fisik antara Samsung Galaxy Note 7 dan Note 5 mohon untuk memberitahukan penulis sehingga bisa diposting dikemudian hari.

Oh iya, Sumber artikel di atas di ambil dari GSMArena yang merupakan website terpercaya khusus membahas handphone dan website ini sudah berskala internasional. Sehingga mengenai keakuratan data spesifikasi Samsung Note 7 dan Samsung Note 5 di atas dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah sobat melakukan 14 Perbedaan Samsung Note 7 VS Note 5 di atas sekarang sobat pasti sudah bisa menentukan pilihan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan harian sobat sehingga tidak menyesal ketika sudah membeli. Sobat juga bisa share ke teman-teman sobat agar mereka juga mengetahui perbandingan Samsung Note 7 dan Note 5 dengan baik.

14 Perbedaan Samsung Note 7 VS Note 5 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar